Senin, 01 Agustus 2011

Cara Mereset Printer Canon MP258

-->

(Sasak Culture - Tools) Seperti kebanyakan printer merek Canon lainnya, masalah blinking atau lampu indikator berkedit oranye dan printer tidak bisa mencetak kertas. Begitu dengan seri printer Merk Canon yang satu ini. Bagi sebagian orang yang hanya tau pakai hal ini tentu membuat panik dan menduga bahwa printernya rusak. Pertama saya tegaskan jangan khawatir dan jangan panik, mari kita cari solusi nya terlebih dahulu baru menduga yang bukan-bukan. Bagi Anda yang berkecimpung sebagai teknisi atau bisa dikatan Anda dipercaya mampu memperbaiki , jangan lekas main bongkar. Sekali Anda membongkar makan printer akan sering sakit-sakitan. Kita selesaikan secara halus saja lewat perangkat lunaknya.

Blinking adalah penyakita bawaan yang memang ada di dalam mesin ketika memori internalnya sudah tidak mampu membaca secara penuh proses yang diberikan oleh perintah software dari komputer, blinking juga sering di akibatkan oleh cara mesin itu menjaga diri dari kerusakan permanen akibat adanya sistem yang sudah mengganggu kinerjanya. Hal-hal yang bisa menyebabkan blinking tersebut bervariasi, mulai dari Cartridge yang rusak, Sensor head tertutup tumpahan tinta, Head kertas yang tidak
bekerja secara normal, sampai ke hal Tabung Limbah di dalam printer itu sendiri terlalu penuh oleh tinta buang (ink absorber). Semua jenis blinking tersebut dalam printer Canon yang bersifat Multi (Print, Copy, Scan, Faxs) akan di tampilkan pada dalam LCD Panel sesuai dengan penyebabnya (baca Code Error Printer Canon), sedangkan untuk jenis printer yang biasa (Print saja) di tandai dengan indikator kedip lampu dan bisa di lihat pada layar monitor komputer di saat melakukan test print.

Okey...pembahasan kali ini kita akan menguraikan langkah-langkah mengatasi Blinking pada printer Canon MP258. Blinking yang kita bahas adalah kode error 5200 atau P08 yang ditunjukkan pada LCD Panel printer. Kita harus tau 5B00 atau P07 itu jenis blinking yang disebabkan oleh Full Tank Waste Ink (atau tanki pembuangan limbah penuh). Apakah kita harus membongkar ? Jawabannya tidak di sarankan. Kita lakukan dengan cara mereset kembali memori utama (EEPROM) printer sebut ke dalam setingan awal. Apakah mereset itu ? Mereset artinya mengembalikan ke setingan awal (setingan pabrik) ketika printer itu dibuat. Apakah yang diperlukan untuk mereset Printer ? Yang dibutuhkan cukup sebuah PC/Laptop yang sudah terinstal Windows OS (di sarankan menggunakan Windows XP karena OS ini di anggap paling stabil) dan memiliki slot USB, Software Resetter untuk Canon MP258 (bisa di download di sini) serta si Pasien (Printer MP258 yang ngeblink).

Kita Mulai (saya anggap semua peralatan sudah di miliki dan Printer terhubung ke komputer lewat kabel USB) 

  1. Dalam kondisi printer mati kabel Power masih terhubung dengan listrik
  2. Tekan dan tahan tombol STOP/RESET kemudian tekan dan tahan tombol POWER
  3. Lepaskan tombol STOP/RESET sedangkan tombol POWER masih di tekan
  4. Tekan 2 kali tombol STOP/RESET secara cepat lalu lepaskan tombol POWER dan tombol STOP/RESET
  5. Printer akan melakukan kalibrasi tunggu beberapa saat, sampai pada LCD Panel muncul angka NOL (0)
  6. Komputer akan mendeteksi adanya perangkat baru yang terpasang, abaikan saja dengan cara memilih tombol Close
  7. Printer MP 258 sudah berada dalam posisi SERVICE MODE dan siap di Reset.

Extract Program Resetter yang sudah Anda download kemudia ikuti perintah berikut :


Tampilan Utama Software  Service Tools untuk Resetter Canon MP258
  1. Siapkan kertas di printer (minimal 2 lembar) yang akan digunakan untuk mencetak pada proses resetter nantinya. 
  2. Jalankan Program Resetter MP258 untuk mereset Error 5B00 atau P07.
  3. Pada Program klik pada tombol [MAIN] maka printer akan melakukan proses tunggu sampai printer mencetak satu lebar kertas dengan tulisan "D=000.0"


  4. Klik [EEPROM Clear] 
  5. Lalu klik [EEPROM], printer akan mencetak hasil Resetter


  6. Setelah proses mencetak selesai, matikan Printer dengan menekan tombol POWER 2 kali 
  7. Printer sudah siap normal kembali dan siap mengerjakan tugas-tugasnya

Selamat Mencoba dan semoga sukses...

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar yang di terima sebelumnya akan di saring untuk memenuhi kelayakan, apabila di nyatakan tidak layak di tampilkan maka kami akan menghapusnya. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Sasak Culture | Bloggerized by Adi [ Sasak Culture ] - Media Independent | Blog Pribadi